Asal Usul Kopi

MENGENAL KOPI

Kopi merupakan komoditas rakyat yang sudah cukup lama dibudidayakan dan mampu menjadi sumber nafkah bagi lebih dari satu setengah jiwa petani kopi Indonesia

Kopi merupakan tanaman perkebunan yang sudah lama dibudidayakan.
selain sebagai sumber penghasilan rakyat, kopi mejadi komoditas andalan ekspor dan sumber pendapatan devisa Negara.
meskipun demikian, komoditas kopi sering kalin mengalami fluktuasi harga sebagai akibat ketidakseimbangan antara permintaan dan persediaan komoditas kopi di pasar dunia.

A.ASAL USUL KOPI

Konsumsi kopi dunia mencapai 70% berasal dari spesies kopi arabika dan 26% berasal dari spesies kopi robusta.
Kopi arabika (Coffea arabica) berasal dari Afrika,yaitu daerah pegunungan di Etiopia,namun demikian, kopi arabika baru dikenal oleh masyarakat dunia setelah tanaman tersebut dikembagkan di luar daerah asalnya, yaitu minuman tersebut menyebar ke dataran lainya.
Awalnya mereka mencoba memakan buah kopi dan merasakan adanya tamahan energi. Dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, buah kopi dimanfaatkan menjadi minuman kopi seperti saat ini. Masyarakat di Arab menyebut minuman yang berasal dari biji kopi tersebut sebagai qahwa yang berarti pencegahan rasa ngantuk.
Oleh karna itu, kopi mejadi minumah para sultan untuk diminum malam hari sebagai pencegahan rasa ngantuk di tenda. Kata qahwa (qahwain) berasal dari bahasa Turki, yaitu Kahven adapun istilah kopi untuk tiap Negara berbeda-beda,yaitu Kaffee (Jerman).coffee (Inggris),koffie (Belanda), dan kopi Indonesia.Demikian pembahasan tentang asal-usul kopi,

Perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta Indonesia

 

Tinggalkan komentar